RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40menit)
 

Standar Kompetensi        : Memahami makna dlm percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dlm konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar           : Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,  lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan me-  ibatkan tindak tutur : mengungkapkan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas dn tidak puas

Indikator                          - Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat dan  meminta pendapat
                                      - Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat.
                                   

I. Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat mengidentifikasi berbagai ungkapan, menyampaikan pendapat dan meminta pendapat.
                                                  
II. Materi Ajar                 : Listening : menyampaikan pendapat dan meminta pendapat
III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Tugas

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan berbagai ungkapan menyampaikan pendapat dan meminta
         pendapat
      - Guru menyuruh siswa mendengarkan kaset tentang percakapan secara klasikal
      - Guru menyuruh siswa mengidentifikasi ungkapan . yang didengar

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Kaset dan Kamus

VI. Penilaian                  : Tertulis


Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional  dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get  things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : mengungkapkan pendapat, minta pendapat, menyatakan puas dan tidak puas 
Indikator                        - Menggunakan tindak tutur menyatakan puas & tidak puas
                                    - Merespon tindak tutur menyatakan puast dan tidak puas
                                   
I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat berdialog singkat secara berpasangan,
II. Materi Ajar                 : Speaking : menyampaikan puas dan tidak puas
III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Unjuk Kerja
IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan berbagai ungkapan menyatakan  puas dan tidak puas
      - Guru menyuruh siswa membuat dialog singkat secara berpasangan
      - Guru menyuruh siswa mempraktekkan dialog didepan kelas

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan Unjuk Kerja






Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi    : Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dlm konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar      : Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut  (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskanpermintaan, dan menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.

Indikator                        - Mengidentifikasi makna tindak tutur menasehati
                                    - Merespon tindak tutur menasehati
                                   
I. Tujuan Pembelajaran     : Siswa dapat mendiskusikan tindak tutur yang  digunakan danresponnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok.
II. Materi Ajar                 : Listening : Ungkapan  menasehati

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Tugas

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan berbagai ungkapan menasehati
      - Guru menyuruh siswa mendengarkan kaset percakapan secara berkelompok
      - Guru menyuruh siswa mengidentifikasi ungkapan . yang didengar

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Kaset dan Kamus

VI. Penilaian                  : Tertulis



Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi        : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar           : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, dan menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
                                                                           
Indikator                        - Menggunakan tindak tutur menasehati,
                                    -  Merespon tindak tutur menasehati,
                                   
I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat berdialog singkat secara berpasangan,
                                                
II. Materi Ajar                 : Speaking : Ungkapan menasehati
                                                                   
III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Unjuk Kerja

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
            - Guru menjelaskan berbagai ungkapan menasehati
      - Guru menyuruh siswa membuat dialog singkat secara berpasangan
      - Guru menyuruh siswa mempraktekkan dialog didepan kelas

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan Unjuk Kerja




Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dlm konteks kehidupan sehari-  hari.

Kompetensi Dasar         : Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut   (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,  lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, dan  melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, dan menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
                                                                                                             
Indikator                        - Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan
                                    - Merespon tindak tutur memperingatkan

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendiskusikan tindak tutur yang  digunakan dan  responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok.
                                                
II. Materi Ajar                 : Listening : Ungkapan  memperingatkan

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Tugas

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan berbagai ungkapan memperingatkan
      - Guru menyuruh siswa mendengarkan kaset tentang percakapan melalui tape
         secara berkelompok.
      - Guru menyuruh siswa mengidentifikasi ungkapan . yang didengar

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Kaset dan Kamus

VI. Penilaian                  : Tertulis



Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksionaldan  interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut  (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,  lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan   melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, & menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
                                     
Indikator                        - Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan
                                    -  Merespon tindak tutur melulskan permintaan
                                   
I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat berdialog singkat secara berpasangan,
                                                
II. Materi Ajar                 : Speaking : Ungkapan meluluskan permintaan
                                                                   
III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Unjuk Kerja

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
            - Guru menjelaskan berbagai ungkapan melluskan permintaan
      - Guru menyuruh siswa membuat dialog singkat secara berpasangan
      - Guru menyuruh siswa mempraktekkan dialog didepan kelas

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan Unjuk Kerja





Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Ganjil
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan  interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut   (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,  lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan  melibatkan tindak tutur : menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, dan menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
                                                                          
Indikator                        -  Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan
                                    -  Merespon tindak tutur menyatakan perasaan
                                   
I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat berdialog singkat secara berpasangan,       

II. Materi Ajar                 : Speaking : Ungkapan menyatakan perasaan                

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Unjuk Kerja

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
            - Guru menjelaskan berbagai ungkapan menyatakan perasaan
      - Guru menyuruh siswa membuat dialog singkat secara berpasangan
      - Guru menyuruh siswa mempraktekkan dialog didepan kelas

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan Unjuk Kerja





Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan   ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam  konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative

Indikator                        : - Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
- Mengidentifikasi kejadian dalam teks narrative  yang  didengar
 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendengar dan mendiskusikan isi teks narrative secara klasikal.

II. Materi Ajar                 : Listening : Teks lisan berbentuk narrative

III. Metode Pengajaran    : Ceramah, Tanya Jawab dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan tenang teks narrative
      - Guru memberikan contoh teks berbentuk narrative
      - Guru memberikan tugas Listening dengan materi  teks berbentuk narrative   .

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : - kaset
                                      - kamus Inggris – Indonesia, Hasan Sadily

VI. Penilaian                  : Tugas








Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dalam konteks kehidupan  sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan mengunakan Ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan  berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative.

Indikator                        : Melakukan monolog berbentuk narrative

 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendongeng cerita rakyat setempat

II. Materi Ajar                 : Speaking : Teks lisan berbentuk narrative

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan tentang struktur teks narrative
      - Guru memberikan tugas untuk mendongeng tentang cerita rakyat setempat

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : - Kamus,
                                         - Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan unjuk kerja









Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40menit)
 

Standar Kompetensi      : Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar         : Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang  menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative

Indikator                        : - Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar.
  - Mengidentifikasi topic dari teks narrative yang dibaca
 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi,
                                         struktur teks secara berkelompok.

II. Materi Ajar                 : Reading : Teks berbentuk narrative

III. Metode Pengajaran    : Ceramah, Tugas dan Tanya Jawab

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menyuruh beberapa siswa membaca dengan nyaring
      - Guru memberikan tugas untuk mendiskusikan struktur dan isi teks.

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          :- Kamus Inggris-Indonesia Hasan Sadily
                                     - Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas







Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan ber terima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative.

Indikator                        : - Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan dan tata tulis dengan akurat.
  - Menulis gagasan utama
 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk narrative

II. Materi Ajar                 : Writing : membuat komposisi berbentuk  narrative

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan sruktur teks narrative
      - Guru menyuruh siswa membuat komposisi dengan struktur teks narrative

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Kamus Indonesia- Inggris, Buku Look Ahead 2


VI. Penilaian                  : Tugas









Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog Hortatory exposition dalam konteks kehidupan
                                         

Kompetensi Dasar         : Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk Hortatory  exposition

Indikator                        :- Mengidentifikasi main idea dari teks Hortatory exposition yang di didengar
- Mengidentifikasi kejadian dalam teks Hortatory exposition  yang  didengar
 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendskusikan isi teks Hortatory exposition yang  didengar secara berpasangan.

II. Materi Ajar                 : Listening : Teks lisan berbentuk Hortatory exposition 

III. Metode Pengajaran    : Ceramah, Tanya Jawab dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan tenang teks Hortatory exposition 
      - Guru memberikan contoh teks berbentuk Hortatory exposition 
      - Guru memberikan tugas Listening Comprehension pada siswa dengan materi
         teks berbentuk Hortatory exposition  .

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Kaset dan Kamus Hasan Sadily

VI. Penilaian                  : Tugas





Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : 6
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      :  Megungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk Hortatory exposition  dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
                                     
Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan bhs lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam kontks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk Hortatory  exposition  .
Indikator                        : Melakukan monolog berbentuk Hortatory exposition 
 


I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendongeng cerita rakyat setempat

II. Materi Ajar                 : Speaking : Teks lisan berbentuk Hortatory exposition 

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
            - Guru menjelaskan tentang struktur teks Hortatory exposition 
      - Guru memberikan tugas untuk mendongeng tentang cerita rakyat setempat

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          :- Buku Look Ahead 2

VI. Penilaian                  : Tugas dan unjuk kerja










Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran              : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : 7
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40menit)
 

Standar Kompetensi      : Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk  mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar         : Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang  menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk  mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk Hortatory exposition 

Indikator                        : - Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar.
- Mengidentifikasi topic dari teks Hortatory exposition yang dibaca
                                        

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks secara berkelompok.

II. Materi Ajar                 : Reading : Teks berbentuk Hortatory exposition 

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Tanya Jawab

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menyuruh beberapa siswa membaca dengan nyaring
      - Guru memberikan tugas untuk mendiskusikan struktur dan isi teks.

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          :Buku Look Ahead 2 dan Kamus Hasan Sadily

VI. Penilaian                  : Tugas



Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : 8
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi      : Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar         : Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk Hortatory exposition 
.
Indikator                        :- Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan dan tata tulis dengan akurat
 - Menulis gagasan utama
 


I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat menghasilka teks berbentuk Hortatory exposition
                                            
II. Materi Ajar                 : Writing : membuat komposisi berbentuk  Hortatory exposition
                                                   
III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan sruktur teks Hortatory exposition 
      - Guru menyuruh siswa membuat komposisi dengan struktur teks Hortatory
        exposition
     
C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2 dan Kamus Hasan Sadily

VI. Penilaian                  : Tugas







Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 

Nama Madrasah            : SMAN 2 BANGKO
Mata Pelajaran             : Bhs Inggris
Kelas / Semester           : XI / Genap
Pertemuan ke                : -
Alokasi Waktu               : 2 X Pertemuan (2 X 40 menit)
 

Standar Kompetensi           : Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar           : Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, sedih, malu, marah dan jengkel.
                                      
Indikator                        : Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta

 

I. Tujuan Pembelajaran   : Siswa dapat mendengarkan percakapan interpersonal atau transaksional melalui tape secara klasikal

II. Materi Ajar                 : Speaking : menyatakan perasaan cinta

III. Metode Pengajaran    : Ceramah dan Praktek

IV. Langkah Pembelajaran          :
A. Kegiatan Awal     :
      - Doa
      - Presensi Siswa
      - Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

B. Kegiatan Inti        :
      - Guru menjelaskan berbagai ungkapan perasaan cinta 
      - Guru menyuruh siswa membuat percakapan dengan  ungkapan perasaan cint
      - Guru menyuruh siswa mempraktekannya didepan kelas secara berpasangan.

C. Kegiatan Akhir     :
      - Membahas bersama
      - Salam penutup

V. Sumber Belajar          : Buku Look Ahead 2 dan Kamus

VI. Penilaian                  : Tugas dan unjuk kerja




Mengetahui,                                                                  Bagansiapiapi,   Juli 2010
Kepala SMAN 2 BANGKO                                              Guru Mata Pelajaran




Dra. Hayati Tatoe, S.Pd                                               ZULKIFLI RAMBE, S.PD